Hari Listrik Nasional ke-69
IdeKU Untuk PLN
Berhubung Indonesia sebentar lagi akan memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) yang Ke-69 yaitu jatuh pada tanggal 27 Oktober 2014, One-GO! ingin sekali memberikan sedikit IdeKU Untuk PLN agar pelayanan PLN semakin maksimal kepada masyarakat dan para pengusaha kecil maupun menengah ke atas. Namun IdeKU ini sebenarnya bukan hanya di peruntukkan kepada PLN saja, namun juga harus ada kerjasama dari masyarakat maupun pengusaha-pengusaha dan juga Negara tentunya terhadap PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) ini. untuk terwujutnya listrik yang handal,  aman, ramah lingkungan, jujur, mandiri, dan profesional.


Ada slogan yang mengatakan
Kalau ingin menguasai dunia maka kuasailah energi termasuk energi listrik

Listrik ini sebenarnya sudah menjadi salah satu dari kebutuhan pokok, coba sobat One-GO! bayangkan betapa rumitnya bagaimana apabila sekarang kita tidak menggunakan yang namanya energi listrik? Pastinya kita serasa masih bergaya hidup seperti di zaman purba. Loh iya toh, kenapa? Karena segala macam untuk memproduksi sesuatu itu semua pasti menggunakan yang namanya energi listrik. Karena sudah menjadi kebutuhan pokok maka “IdeKU Untuk PLN” sebagai berikut.

Permasalahan dan IdeKU Untuk PLN

  • Pelanggan baru yang terus saja bertambah mengikuti pertumbuhan jumlah hunian / rumah baru dan industri, apa lagi sekarang sudah bertambah atau meningkatnya kebutuhan dirumah tangga seperti peralatan-peralatan elektronik, tetapi tidak sejalan dengan kapasitas pembangkit listrik yang ada. IdeKU Untuk PLN jangan menerima pelanggan baru jika sudah tidak sesuai dengan pembangkit listrik / kapasitas yang ada, walaupun dibayar sampai dua atau sekalipun seratus kali lipat bayarnya untuk pendaftaran. tambah dulu Pasokan / pembangkit listrik / kapasitasnya, barulah tambah pelanggan baru.
  • Tingkat tunggakan bayar para pelanggan PLN juga telah menyebabkan gangguan cash flow di PLN. IdeKU Untuk PLN bagi pelanggan yang seperti ini seharusnya PLN tegas jika terjadi tunggakan pembayaran dari pelanggan jangan sampai membiarkan berlarut-larut sampai beberapa bulan, cukup berikan waktu satu minggu saja untuk melunasi tunggakannya jika tidak maka langsung Putuskan sambungan. jika pelanggannya termasuk orang tidak mampu, PLN bisa saja mengurangi dayanya
  • Tingkat kebocoran / pencurian listrik yang tinggi. Sebagai contoh banyak lampu-lampu penerangan umum baik dikota-kota, kelurahan, kecamatan menyambung langsung dan tanpa bayar ke PLN. Belum lagi pencurian-pencurian listrik lainnya yang sangat sulit diatasi. Pencurian listrik memang masih menjadi musuh utama dan telah secara intensif dan sistematis diberantas. Namun bak kata pepatah, maling selalu lebih dulu dari polisi. Angka total losses (terdiri dari teknis dan non teknis). Dalam masyarakat awam losses ini sering diterjemahkan sebagai kebocoran yang berkonotasi negatif (boros, inefisien, dll), yang tidaklah benar 100 persen. Analogi dengan tekanan air pada pelanggan PAM, meskipun pipa PAM tidak bocor, tetap saja tekanan air di pelanggan yang berlokasi dekat pompa / stasiun PAM, pasti lebih tinggi daripada di lokasi yang lebih jauh. Itulah yang namanya losses teknis. Adapun losses non teknis, disamping akibat pencurian, juga bisa disebabkan oleh kesalahan pencatatan meter (manual), kWh meter yang belum ditera ulang, faktor meter untuk pengukuran tidak langsung, dll. IdeKU Untuk PLN agar dapat mengatasi kebocoran tersebut, PLN harus tetap mengontrol pemakaian listrik di penerangan lampu-lampu umum baik dikota-kota, kelurahan dan kecamatan. dan untuk masyarakat walaupun anda membayar setiap pemakaian listrik tetapi tetap harus hemat listrik agar kita tidak kembali ke jaman purba :)
  • Pemadaman Listrik bergilir maupun memdadak. walaupun pemadaman bergilir sudah di jadwalkan dari PLN setempat namun masih ada saja caci maki dari pengguna listrik jika di padamkan, kemungkinan informasi ini belum sampai ke masyarakat setempat apa lagi jika pemadaman mendadak tanpa ada di jadwal pemadaman listrik, sudah tau pasti bagaimana respon dari pelanggan tanpa mengetahui apa permasalahannya kenapa Listrik di padamkan secara mendadak. IdeKU Untuk PLN masalah pemadaman listrik bergilir meskipun ada informasi tertulis di tempel di Papan Informasi Kantor PLN, Kecamatan ataupun kelurahan, harus ada informasi tambahan dengan menggunakan fasilitas Sosial Media Network untuk setiap PLN daerah setempat yang bisa menjadi admin seperti contohnya Twitter, Facebook, BBM, dll. mungkin satu jam sebelum pemadaman bisa di infokan di sosial media, dan jika ada pemadaman mendadak pun bisa di infokan apa penyebab pemadaman tersebut.
Itulah IdeKU Untuk PLN dan perhatian sedikit untuk masyarakat yang saya tuang di blog yang sederhana ini moga bermanfaat demi kemajuan PLN ke depan :)

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment Blogger Disqus

  1. artikel Ideku Untuk PLN sangat menginspirasi.

    ini artikel untuk lomba blogdetik PLN itu ya?

    Brillie

    ReplyDelete
    Replies
    1. :terimakasih2 terimakasih mbak atas kunjungannya
      :matabesar iya betul sekali mbak ini artikel untuk turut brpartisipasi dlm rangka Hari Listrik Nasional :rileks2

      Delete

Link yang aktif didalam komentar akan secara otomatis terhapus.
Ingin sisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">...KODE ANDA DI SINI...</i>
Ingin sisipkan script, gunakan <i rel="pre">...KODE SCRIPT ANDA...</i>
Ingin sisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">...URL GAMBAR ANDA ...</i>
Ingin sisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">...JUDUL ANDA...</b>
Ingin sisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">...CATATAN ANDA...</b>
Ingin membuat efek tebal gunakan tag <b>...TEKS ANDA...</b>
Ingin membuat efek huruf miring gunakan tag <i>...TEKS ANDA...</i>

 
Top